Cara Memeriksa Kerusakan Tabung TV

Ada tiga tahapan dalam pengecekan tabung,

  • Dengan Cara Pengamatan Secara Langsung Dari Gejala Yang Muncul Pada Saat Televisi Hidup 
  1.  Heater atau filamen tabung menyala. Kondisi seperti ini dapat anda lihat di dalam leher tabung, ada cahaya seperti bohlam kecil. Ada dua kemungkinan jika heater tidak menyala. Pin heaternya yang putus atau tegangan heater yang tidak ada.
  2. Ada cahaha ungu di dalam leher tabung. Kerusakan ini dinamakan ngefonk atau bocor. Ketika menemui kerusakan tabung seperti ini. Jangan terlalu lama untuk mencobanya karena dapat menyebabkan transistor horisontal out rusak.
  3. Gambar nornal beberapa menit kemudian gambar menjadi blanking, keadaan seperti ini tabung sudah setengah rusak/short 
  4. Gambarnya blangking merah, hijau atau biru. Ketika televisi hidup tegangan katoda menjadi nol atau kecil. Tetapi pada saat mesin RGB tidak dipakai di tabung tegangan katoda normal seperti biasanya.
  5. Gambar surem; Lakukan pengaturan contras, dari posisi minimum menuju maksimum dan amati gambarnya. Apakah pengaturan itu berpengaruh dari gambar surem menjadi tajam. Jika ada sedikit perbedaan, berarti tabung yang anda periksa sudah lemah atau rusak surem. Untuk mendapatkan kepastian atau perbandingan tabung. cobalah anda lakukan pengaturan contras dengan menggunakan televsi yang kondisinya normal.
  6. Gambar gelap: Lakukan pengaturan brighness, maka gambar akan menjadi gelap dan terang. Jika sudah maksimal dan pengaturan screen flyback juga maskimal, heater sudah menyala tetapi gambar tetap gelap maka tabung sudah kondisi rusak.
  • Dengan Menggunakan Multitester (Skala Volt )

Sebelum mengetahui jenis kerusakan tabung yang didasarkan pada hasil pengukuran tegangan maka perlu diketahui terlebih dahulu daftar tegangan pada mesin RGB. Berikut daftar tegangan pada mesin RGB

TEST POIN TEGANGAN
Heater/filament 4.5 – 6 Volt AC
Screen/G2 350 – 400 Volt DC
Katoda R,G,B 75 – 125 Volt DC
G1 0 volt

 

Keterangan:

  1. Apabila tegangan Katoda di bawah 75V atau mendekati nol maka gambar akan terjadi blangking
  2. Jika tegangan katoda di atas 125 Volt atau mendekati tegangan 180v atau 200 Volt maka gambar akan menjadi gelap.

Sedangkan cara pengukuran dan sekaligus menentukan kerusakan tabung diuraikan sebagai berikut

  1. Televisi dihidupkan lalu ukur semua pin katoda RGB
  2. Untuk menentukan kategori kerusakan atau nama kerusakan, dilakukan perbandingan antara hasil ukur dengan tabel yang dimiliki
  3. Setelah diketahui jenis kerusakanya, pastikan sekali lagi dengan mengukur tegangan pada katoda RGB, tetapi mesin RGB posisi dilepas dari tabungnya
  4. Jika hasil ukur tetap tidak ada perubahan maka mesin RGBnya yang rusak tetapi apabila dengan cara mesin RGB dilepas tegangannya katoda menjadi normal maka dapat dipastikan yang rusak adalah tabungnya. Berikut ini daftar tegangan dan akibat yang ditimbulkan
Tegangan Katoda Red (Volt) Tegangan Katoda Green (Volt) Tegangan Katoda Blue(Volt) Warna gambar ditabung
Nol Volt 95 – 125 95 – 125 Blangking merah
95 – 125 Nol Volt 95 – 125 Blangking Hijau
95 – 125 95 – 125 Nol Volt Blangking Biru
Nol Volt Nol Volt Nol Volt Blangking putih
180-200 95 – 125 95 – 125 Warna merah tidak ada
95 – 125 180 -200 95 – 125 Warna hijau tidak ada
95 – 125 95 – 125 180-200 Warna biru tidak ada
180-200 180-200 180-200 Gelap
  • Dengan Menggunakan Multitester (Skala Ω)

Jika akan melakukan pengukuran tabung dengan multitester, televisi harus dalam keadaan mati. Dan mesin RGB posisi dilepas dari tabungnya.

1. Gambar gelap, heater tidak menyala.

-     Saklar jangkah pada posisi X10.

-     Tabung yang akan diukur harus diketahui terlebih dahulu letak heaternya. Setiap tabung yang berbeda ukuran, memiliki konstruksi yang berbeda pula.

-     Tempelkan kabel merah multitester di kaki heater yang satu sedangkan kabel multitester yang hitam ditempelkan pada kaki heater yang lainnya. Berhubung heater tabung tidak memiliki polaritas pengukuran heater boleh di bolak-balik.

-     Jika jarum bergerak heater tidak putus

 2.    Gambar gelap, tegangan G2/screen menjadi kecil mendekati nol volt

-  Saklar jangkah pada posisi X10K.

-  Tempelkan kabel multitester yang satu di kaki G2 sedangkan kabel multitester yang lainnya ditempelkan pada ground.

-  Jika jarum bergerak berarti tabung. Terjadi short antara G2 dengan ground

-  Perbaikan tabung dengan kerusakan seperti ini dapat dilakukan dengan alat tembak tabung

3.    Gambar blangking biru ,hijau atau merah

- Saklar jangkah pada posisi X10K.

- Tempelkan kabel multitester yang satu di kaki katoda biru, hijau atau merah. Sedangkan kabel multitester yang lainnya ditempelkan pada ground. Penentuan katoda yang hendak diukur dengan ground disesuaikan dengan jenis kerusakan. Jika tabung mengalami kerusakan blanking merah anda mengukur antara ground dengan katoda merah. Apabila blanking hijau anda mengukur antara katoda hijau dengan ground dan bilamana tabung rusak blangkig biru anda mengukur antara katoda biru dengan ground.

- Jika jarum multitester bergerak tabung mengalami short antara ground dengan katoda merah, hijau atau biru.

- Perbaikan tabung dengan kerusakan seperti ini dapat dilakukan dengan alat tembak tabung.

4.    Gambar surem atau redup 

Sebelum dilakukan pengukuran, heater harus diberi tegangan AC 6 volt dengan menggunakan trafo 1A. Pada saat heater menyala lakukan pengukuran dengan cara sebagai berikut

-   Saklar jangkah pada posisi X10.

-   Pemilihan kaki katoda disesuaikan dengan rencana anda mengukur tabung. Jika anda hendak mengukur katoda biru karena tabung rusak blanking biru maka tempelkan kabel merah multitester di kaki G1 sedangkan kabel multitester yang hitam ditempelkan pada kaki katoda biru.

-  Jarum bergerak menunjukan nilai tertentu untuk ukuran tabung normal yaitu sekitar 1K. Apabila nilainya besar atau tak terhingga silahkan anda perbaiki tabung tersebut dengan cara di tembak menggunakan alat tembak tabung.

  • Dengan Cara Manual 
  1. Hidupkan TV, pastikan heater sudah menyala,
  2. Pergunakan satu kabel multitester. Ujungnya ditempelkan pada ground tabung dan ujung yang lain di sentuh-sentuhkan di katoda R, katoda G dan katoda B. Untuk diperhatikan, menyentuhkan kabel antara katoda dan ground tidak boleh terlalu lama. Hanya sesaat saja, jangan terlalu lama kira-kira 1 – 2 detik saja. Dengan waktu yang lama dapat menyebabkan resistor katoda pada mesin RGB terbakar.
  3. Pada saat anda menyentuhkan kabel multitester di katoda berarti anda menghubungkan katoda ke ground. Akibat dari tindakan ini gambar akan menjadi blanking sesuai dengan katoda yang anda sentuhkan.

PERHATIAN

Jika anda belum mengetahui bentuk dari blanking yang cerah atau blanking dari tabung yang normal. Dapat anda lakukan sebuah perbandingan antara TV normal dengan TV yang lemah tabungnya. Dengan melakukan uji coba pada TV normal maka anda sudah mempunyai standar kecerahan blanking sebuah tabung normal.

  1. Jika yang disentuhkan katoda R, gambar menjadi blanking merah. Apabila yang disentuh-sentuhkan katoda G maka gambar akan menjadi blanking hijau, Manakala yang disentuh-sentuhkan katoda B maka gambar akan menjadi blanking biru. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca pada tabel di bawah ini yang didasarkan pada praktek
KRBlanking

merah

KGBlanking

Hijau

KBBlanking

Biru

Kondisi gambar pada tabung
Terang Terang Terang Normal
Redup Terang Terang Warna merah kurang
Terang Redup Terang Warna hijau kurang
Terang Terang Redup Warna biru kurang
Tidak blangking Terang Terang Warna merah tidak ada
Terang Tidak blangking Terang Warna hijau tidak ada
Terang Terang Tidak blangking Warna biru  tidak ada
Redup Redup Redup Surem/gelap
  1. Dari tabel di atas dapat dipertegas lagi dengan penjelasan sebagai berikut;

-    Jika di tabung muncul gambar garis-garis (blangking) yang sangat terang maka dapat dipastikan bahwa tabung tersebut masih dalam kondisi bagus.

-    Apabila tabung memperlihatkan garis-garis (blangking) agak redup atau surem. Tabung tersebut dapat divonis sudah lemah.

-    Manakala tabung tidak ada cahaya/tidak blangking sedikitpun maka tabungnya sudah rusak parah. Silahkan anda ganti tabung TVnya.

Harga buku panduan service TV RP. 300 ribu, mendapatkan 2 buku dan 1 keping dvd sebagai bonus. Smskan alamat rumah anda ke Nomer hp 081379451508

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

48 Balasan ke Cara Memeriksa Kerusakan Tabung TV

  1. ardiman hutagalung berkata:

    bag kalo tv warna nampak warna yg lain pd tabung
    kebocoran warna pd tv apa pnyebabnya

    • kursusservicetv berkata:

      1. jika yang dimaksud warna belang disudut tabung atau sekitarnya dan merubah warna aslinya dari gambarnya, biasanya terkena medan magnit..mengatasinya dengan bantuan alat degausing ada juga yang memanfaatkan magnet yang terdapat pada speaker untuk menghilangkan warna belang..
      2. atau mungkin yang dimaksud warna lain dibagian belakang atau ada cahaya ungu. yang jenis kerusakan ini tabung sudah tidak dapat diperbaiki karena telah bocor,
      untuk pastinya coba telp saya kita dialog tentang penyakit tabung pada tv yang anda temui

      • rahmat berkata:

        sy punya kasus TV TCL yang short bagian verticalnya ( IC vertical meletus ) tapi setelah sy ganti ICnya dan R nya sewaktu mau dinyalain keluar sinar diFilamennya. apa penyebabnya

      • kursusservicetv berkata:

        Boleh jadi kerusakan ini disebabkan oleh tabung yang mengalami kebocoran jika sinar yang muncul tersebut berwarna putih/ungu. Biasanya jika sudah mengetahui tabung muncul warna ungu tetapi kita masih saja menghidupkan tvnya maka akan terjadi kerusakan pada transistor Hout dan atau ic vertikalnya juga turut serta menjadi rusak

  2. Gaper berkata:

    Bang aye mo nanya nih.. Klo tombol chanel ditekan akan berubah menjadi menu, kemudian klo tombol volum ditekan maka dia akan berubah chanel, mohon penjelasannya terimakasi.

    • kursusservicetv berkata:

      Bang Gaper, pada saat tombol chanel dipejet maka IC program pin key mendapatkan tegangan tertentu dan pada saat tombol menu ditekan IC program juga mendapat tegangan tertentu tetapi berbeda nilainya dengan tombol chanel. Ketika tack switchnya rusak atau korosi dia tidak dapat menyalurkan tegangan yang sesuai kebutuhannya. sehingga ditekan volume yang berubah chanelnya. solusi dari penyakit ini, bang Gaper cukup mengganti semua tack switchnya sejumlah enam biji. semoga berhasil bang..

  3. rahmad berkata:

    mas tv sony trintron layar datar 21 inc warna agak merah ada garis2 tipis dan gambar agak redup tegangan KR80V,KG40V,KB80V, ic di crt 6108jf sudah ganti mohon bantuannya thanks

    • kursusservicetv berkata:

      ada kemungkinan tabung lemah coba lakukan tindakan dibawah ini guna memastikan kebenaran analisa saya
      1. pastikan tabung bagus dengan menggunakan satu kabel tester, sentuhkan antara KR dan ground blankingnya harus terang seperti pada TV normal kalau kita perlakukan dengan tindakan yang sama
      2. silahkan dicoba mesin sonynya pada tabung lain hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi mesin, jika normal gambar dan warna berarti tabung sonynya sudah lemah
      3. jika kondisi tabung oke, periksa komponen satu demi satu pada mesin matrik/mesin RGB jalur KR sampai pada kaki IC croma pin R out
      4. semoga membantu anda, terimakasih kunjungannya

  4. rudi berkata:

    bang kalo pcb dilepas g2 teganganya normal,namun saat pcb dipasang ke heater crt, g2 teganganya drop,apakah ini harus ganti tabung,tks

    • kursusservicetv berkata:

      kemungkinan besar, iya tabungnya rusak, tetapi perlu dicoba terlebih dahulu melakukan perbaikan tabungnya sebelum mengganti tabung, ee..siapa tahu berhasil. G2 short dengan G1, dengan menggunakan gun CRT atau restore atau alat tembak tabung, ada kemungkinan tabung menjadi normal kembali dan tidak short antara G2 dan G1

  5. Idhyn berkata:

    mas Rifan makasih atas petunjuk yang di maut dalam ebook, karna sangat bermanfaat buat saya sebagai pemula, yang tadinya belum tau mengenai cara kerja tv komponen-komponen dalam tv, serta cara mengukur dan memperbaiki berbagai macam kerusakan tv, dengan adanya ebook yang mas tulis dan petunjuk lewat komunikasi Hp, alhamdulillah sekrang saya sudah mulai mengerti dan bisa perbaiki tv sendiri. thank’s mas semoga ebooknya bisa bermanfaat bagi orang lain khususnya bagi pemula yang hobi dalam servis Tv seperti saya. semoga tambah sukses buat mas Rifan…

    • kursusservicetv berkata:

      Terimakasih bang Idhyn, semoga menjadi inspiratif bagi para pencari ilmu perbaikan TV khususnya para pemula, sukses juga buat bang Idhyn..

      • Yudhi berkata:

        Salam kenal bang…
        sy pnya tv cina 21 merk Ichiko,skrg gmbr ny dominan merah & wrna hijau ny jd pias tp klo wrna biru & hitam bgus.smpt sy tnya ke tukang servis ktanya layar ny sdh kena & hrs di ganti.menurut pengalaman & penilaian dr Abang sndri sprti apa ?apkh memng lyr bnr2 hrs diganti atw msh ada solusi lain agar gmbr bsa mnjdi normal kmbli.sblm & sesudah ny sy ucap kan trmaksh ats jwbn ny

      • kursusservicetv berkata:

        Salam kenal kembali bang Yudhi, untuk memastikan kwalitas tabung cukup dengan mengurangi warnanya sampai nol hingga tv tidak berwarna, perhatikan apakah gambar menjadi hitam putih, biru putih, merah putih atau hijau putih, kasus tv Ichiko warna hijau lemah atau kurang warna hijaunya.langkah-langkah perbaikannya sebagai berikut:
        1. Buka mode service tv ichiko: (Tekan dan tahan bersamaan osd dan mute di remote)
        2. Cari tulisan G drive dan G gain, cobalah ditambah apakah warna hijau ikut bertambah
        3. Jika masih kurang hijaunya, coba kurangi nilai dari (R drive dan R gain) dan (Bdrive dan B gain) tujuannya menonjolkan warna hijaunya, jika tidak berhasil
        4. Buka casing belakang atau tutup tvnya, Pastikan kondisi tabung dengan bantuan satu kabel, caranya sentuhkan antara ground dan KG sebentar saja sambil amati gambarnya apakah warna hijau jadi terang atau tidak, coba bandingkan dengan KB dan KR
        5. Apabila warna hijau tetap tidak terang saat di sentuhkan antara KG dan ground dapat dipastikan bahwa kondisi tabung untuk warna hijau sudah lemah
        6. untuk memperbaiki tabung dalam kondisi ini dilakukan refresh atau ditembak tabungnya dengan bantuan alat tembak tabung. keberhasilan dan ketahanan tabung tidak dalam waktu yang lama alias hanya sementara saja atau mungkin malah tidak berhasil.
        7. Dengan terpaksa ganti tabung, jika usaha diatas tidak berhasil
        8. Pendapat saya dari pada ganti tabung alangkah baiknya ganti tv baru, karena boleh jadi tabung sudah diganti komponen yang lainya mungkin minta juga diganti atau sudah pada lemah kondisinya.
        9. usia tabung dalam kondisi normal 10 ribu jam pemakaian sejak baru dibeli atau dihidupkan untuk kali pertama.
        10. Semoga berkenan uraian saya yang panjang

  6. Yudhi berkata:

    Trmksh atas jawaban & solusi ny bang,mdh2an Allah membalas kebaikan abang dgn rezeki yg lancar srta selalu sehat walafiat.Amin…

  7. alex berkata:

    halo pak,.tv dirumah hilang warnah hijaunya,kemungkinan besar tabungnya yang rusak, karna pernah dipindahkan mesin tvnya ketabung lain ada warna hijaunya, apakah tabung itu masih bisa diperbaiki dan kalau masih bisa bagaimana caranya??

    • kursusservicetv berkata:

      Memperbaiki tv yang sudah hilang dari salah satu warnanya, apakah warna hijaunya, atau warna merahnya ataupun warna birunya, semua itu bilamana dilakukan perbaikan tabung, biasanya tidak mampu bertahan lama berdasarkan pengalaman saya, jika anda telah melakukan perbaikan tabung tetapi bertahan sampai lama menurut pendapat saya itu adalah suatu keberuntungan. Kemudian muncul pertanyaan.. berapa lama waktu yang biasa terjadi tentang keawetan tv pasca ditembak tabungnya?, semua itu relatif, tergantung dari kondisi tabungnya. Seberapa parahnya kerusakan tabung tersebut, lagi-lagi berdasarkan pengalaman saya, ada yang hitungan hari penyakit tabungnya telah kambuh lagi, ada juga yang lebih dari satu bulan, tiga bulan, bahkan ada yang lebih dari enam bulan, pernah saya alami perbaikan tabung dengan kerusakan blanking, keawetannya mendekati satu tahun.

      Cara perbaikan tabung dapat dilakukan dengan cara:
      1. Dengan alat tembak tabung atau gun crt (Jika anda hendak memiliki alat tembak tabung dapat membuatnya sendiri)
      2. Dengan menggunakan tegangan Fokus dari flyback
      3. Dengan menggunakan tegangan kop flyback/HV Flybck,

  8. didik berkata:

    bagus mas ilmunya… sangat bermanfaat..

  9. djufrika berkata:

    mas kalo ketika dihidupkan tv hanya menampilkan warna merah saja bagaimana cara mengatasinya?

  10. Ronny berkata:

    Jika tegangan RGB naik jadi 400v dan heater jadi 3v kerusakannya di bagian mana

    • kursusservicetv berkata:

      - coba pergunakan multimeternya untuk mengukur tegangan 300 volt bagian power supply apakah jarum multi meter tepat menunjukkan angka 300V, jika iya berarti tidak terjadi salah ukur pada tegangan RGB,
      - coba dilepas mesin matriknya dari tabung lakukan pengukuran kembali apakah masih sama tegangan menjadi 400 volt
      - lepas jalur dari sumber tegangan untuk katoda ada yang berasal dari power supply ada juga berasal dari flyback
      - telpon 081379451508 saya saja ya karena panjang penjelasannya, jika tidak ada dialog saya hanya mengira-ngira dengan menulis pertanyaan sendiri dijawab sendiri he..he..

  11. junaid berkata:

    mas tv tabung saya warna merahnya ilang penyebabnya apa ya mas, ?

  12. mas tv saya sharp alexander slim,,kerusakannya blanking kaya ketinggian screen,,sya sudah kecilin screen di pbt nya,,tapi waktu tv normal kembali gambar jadi gelap, lalu saya tambah screen kembali kalau penyakit tv kumat lagi tv kembali blanking begitu seterusnya…
    kira2 kerusakannya di bagian mana? atau pbt nya harus ganti…….
    Makasih….

  13. hadi berkata:

    pak,tv saya sebulan yg lalu pas enak-enaknya nyala,tiba-tiba keluar suara ngeces kayak ban bocor,dan langsung mati,beberapa saat kemudian saya hidupkan lgi sudah g mau nyala dan pas saya coba colokin lagi suara ngecesnya langsung kedenger kenceng,apa tabung tv saya bocor apa bagaimana pak,mohon encerahannya,terimah kasih.

    • kursusservicetv berkata:

      dengan hanya berdasar pada suara tanpa membuka casing tv, kita tidak dapat memvonis sebuah tabung tv rusak bocor, lakukan tindakan pengamatan secara langsung dengan mencari sumber suara, langkahnya sebagai berikut:
      - Buka casing tv lalu hidupkan TVnya
      - fokuskan perhatian pada flyback dan tabung, apabila ada cahaya ungu di dalam tabung maka dapat dipastikan bahwa tabung tv sudah bocor harus diganti tabungnya, kalau sumber suara ngeces pada flyback tentu yang akan kita tuduh adalah flybacknya, dengan mengganti flyback atau membesihkan dan memberi lem pada body flyback
      - kalo bocor flybacknya dengan suara ngeces biasanya TV masih dapat ditonton hanya saja ada gangguan suara ngeces, tetapi jika kondisi tvnya mati dan muncul suara ngeces kalau memang flyback yang menjadi penyebabnya biasanya disertai letupan dengan suarat trat..tat..secara berulang..semoga berkenan atas jawaban dari saya, terimakasih telah berkunjung ….

  14. ADI berkata:

    Pagi mas.. TV LG 21″ gambar gelap ternyata setelah saya ukur tegangan yg ada pada Resistor KB rangkaian matrik drop hingga-+ 50v, sedangkan RESISTOR KR dan RESISTOR KGnya mormal 180V. setelah resistor KB nya saya cabut tegangan kembali normal 180 v dan da n layar cerah,, tadinya saya menduga transistor KB nya sdh rusak ternyata setelah saya ukur dan coba saya tuka transistor tetap sama,, dari kasus seperti ini kira2 apakah CRT nya terutama KBnya sdh short ya mas ? Trimakasih sebelumnya..

    • kursusservicetv berkata:

      Jika tegangan katoda di bawah 75 volt apalagi 50 Volt ada indikasi tabunglah yang menjadi penyebab berkurangnya tegangan tersebut dengan catatan saat mesin RGB atau matrik dilepas dari tabung lalu diukur tegangannya katoda akan naik menjadi 180Volt atau diatas 75 volt. Demikian jawaban dari saya semoga berkenan jika masih dialog lagi, saya anjurkan telpon saya 081379451508 kita diskusi mengenai kerusakan tv Lg bang ADI

  15. ferdi berkata:

    mas, tv saya gejalanya seperti nomor 3. nyala normal disertai suara bising kemudian gelap. apa bener yang rusak tabungnya seperti kata teknisi servis TV? trus mau tanya lagi, apakah tabung TV itu sama setiap ukuran TV? maksud saya, saya mau beli TV bekas ukuran inch sama tp saya ambil tabung nya saja. apa bisa seperti pemikiran saya itu? maaf mas kalo pertanyaan saya terdengar bodoh, maklum bukan ahlinya.. hehehe..

    • kursusservicetv berkata:

      untuk menentukan tabung tv rusak seyogyanya dilakukan pemeriksaan mendalam, dengan pengukuran dan pengamatan disertai tes dan cek…dengan ukuran yang sama dan jenis yang sama semua bisa dipake, ada jenis cembung, semi flat dan flat perhatikan hal ini walau sama ukuran beda jenis dudukan pada baut tidak sama dan casing juga tidak pas.

  16. diri berkata:

    mas tv ku samsung 43inch kalau di hidupkan ada bunyi decit,setelah ditelusuri ada dioda yg putus,..setelah diganti lampu kecil yg di heater nyala tapi gak ada gambar/suara sama sekali,sepertinya drop..rusak apanya ya

  17. jody majid berkata:

    mantap bos, makaceh ilmunya,
    sngat bermanfaat untk saya,

  18. pahlawi berkata:

    mas mau nanya, kalo televisi samsung saya mati ketika dinyalain hanya bunyi mesin nyala tetapi layar tidak nyala kenapaya kira2??

    • kursusservicetv berkata:

      coba di ukur pada titik poin misalnya tegangan B+ normal atau tidak, tegangan heater, dengan eihat hasil ukur tersebut analisa selanjutnya akan fokus pada akibat yang ditimbulkan, saya persilahkan telp saya saja untuk dialog

  19. Ali Khumaidi berkata:

    mas,, kemaren q baru beli tv, g sempet ngecek lebih detail karna udh malem,,, tp nyampek rumah baru ketahuan di layar tv ada belang hitam (posisi tv mati) tap kalau di idupin g ada masalah pada gambar, itu termasuk kerusakan atau tidak masss??? kalau rusak gimana acara benerinya.. trims

    • kursusservicetv berkata:

      Itu namanya tabungnya cacat jika hitamnya kentara sekali, kalau tabung normal tidak boleh ada belang sedikitpun saya tv posisi mati, tabung apapun harus bersih. Walau tidak kelihatan saat dihidupkan tv, tapi sesungguhnya tetap akan kelihatan dengan cara mencermati secara perlahan kemungkinan ada bedanya, terutama kwalitas cahayanya yang bertepatan dengan tempat belangnya.

  20. nurcahyo berkata:

    mau nanya mas, tv ku itu blangking wrna hijau muncul garis garis horisntal kayak kalo ketinggian screen, itu kira kira bagian apanya yg rusak ya mas, mkasih atas jawabanya..

    • kursusservicetv berkata:

      Pada kebiasaanya kerusakan blangking menandainya dengan melihat ditabung munculnya garis-garis secara horisontal yang disertai dengan cahaya yang tajam. Dalam hal ini gambar tidak ada atau tidak kelihatan karena dominan dengan garis-garis tersebut, Blanking itu ada 2,
      1. Blangking berwarna putih, penyebabnya ada dua yang pertama, yaitu nilai tegangan G2 atau lazim disebut tegangan screen terlalu besar dengan cara memutar kekiri pada trimpot flyback yang paling bawah maka tegangan G2/screen sudah menjadi kecil. Dan gambar akan semakin gelap apabila diputar trimpotnya semakin ke arah kiri
      yang kedua, jika tegangan G2/screen sudah kecil atau mentok ke kiri trimpotnya tetapi gambarnya masih muncul garis-garis atau blaingking putih ada kemungkinan penyebabnya tegangan yang nilainya 185/200Volt tidak sampai ke mesin RGB atau mesin matrik istilah lainnya. Tegangan ini sumbernya dari power supply ada juga sumber tegangan 185/200V berasal dari flyback tergantung merk TV, untuk mesin Cina biasanya berasal dari power supply walau ada sebagian juga berasal dari flyback, periksa jalurnya dan pastikan bahwa tegangan 180V sampai di mesin RGB/matrik
      2. Blangking berwarna merah, biru atau berwarna hijau. Kerusakan ini biasanya terjadi hanya salah satu warna saja, dan cara melacak kerusakan dan cara memperbaikinya sama antara blangking merah,biru atau hijau hanya beda warna saja, misalnya mengatasi tv dengan kerusakan blangking hijau, biasanya teganga katoda green atau KG itu nilainya menjadi nol, yang biasanya antara 75v sampai 125V atau ada juga yang 150V, dengan nilainya yang nolinilah gambar menjadi blangking hijau, perubahan nilai menjadi nol kemungkinan ada dua penyebab karen mesin RGB/matrik yang rusak komponen yang khusus jalur KGnya atau tabung yang hanya KGnya yang terjadi short di dalam tabung itu sendiri, cara memastikan silahkan lepas mesin matrik lalu hidupkan tv dan lakukan pengukuran tegangan pada KG jika nilainya ada atau tidak nol berarti tabungnya telah rusak, cara atasinya dengan ditembak tabungnya atau membuat tegangan heater sendiri dengan cara membuat tegangan heater daritrafo 2 amper atau membuat dari flyback dengan memutus dua jalur heater dimatrik lalu membuatnya dengan tiga lilit kabel di flybak dan diberikan pada hetar metriknya, selamat mencoba

  21. wisnu abasy berkata:

    bagus dan brmanfaat

  22. andi berkata:

    mas sy punya tv waktu di hidupkan cuma lampu stanby aja yg hidup sementara tidak ada gambar trim;s…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s