Bagaimana Cara Promosi

setiap siswa yang telah belajar perbaikan TV hingga dikatakan telah mempunyai kemampuan melakukan perbaikan kerusakan pada TV seringkali merasa tidak percaya diri atau merasa tidak layak atau kurang pantas jika mempromosikan diri dengan ilmunya yang baru. Padahal yang namanya kesiapan untuk terjun ke dunia usaha itu sampai kapanpun orang merasa tidak siap dan takut. Hal ini butuh keberanian atau kata lain kita harus nekat.

Perasaan tidak mampu sering saya dengar secara langsung dari para siswa jika saya tanya siapkah anda dengan membuka jasa perbaikan TV. Kalo dilihat dan dipikir-pikir ilmu perbaikan tv sudah dimiliki, setiap melakukan perbaikan TV di tempat kursus 85% telah berhasil kenapa harus merasa belum mampu. Nampaknya yang menjadi penyebabnya adalah langkah awal atau cara untuk membuka sebuah bengkel atau tempat service.

Ketika sebuah ruangan khusus atau toko dipinggir jalan telah tersedia maka langkah promosi harus segera dilakukan. Kita tidak boleh hanya membuka sebuah toko lalu dipasang papan nama yang besar dan kemudian menunggu calon pelanggan untuk hadir dibengkel kita. Kalau langkah ini ditempuh pelanggan kita tidak akan cepat bertambah.

ada beberapa yang hal perlu diperhatikan

  • Target promosi harus jelas

Yang menjadi target awal promosi adalah orang yang berdomisili sekitar toko, pastikan mereka tahu dengan cara silaturahim. Target selanjutnya antara lain teman anda, saudara anda, teman dari saudara anda dll, dalam hal ini anda perlu meminta bantuan dengan saudara anda. Setelah orang terdekat sudah semua tahu dilanjutkan dengan calon pelanggan yang nota bene tidak anda kenal.

  • Bentuk dari promosi

bentuk promosi dapat dilakukan dengan cara lesan, dengan mengirim SMS kesemua no phonebook, dengan membuat brosur, atau dengan cara lain yang anda anggap jitu, yang ingin saya tekan disini adalah jika anda membuat brosur, cara membagi brosurnya dilakukan minimal 3 minggu sekali ditempat yang sama, selama 3 kali, tujuannya agar nama bengkel anda sudah tertanam diingatan setiap orang yang membacanya. Brosur pertama dibuat dengan huruf yang paling besar pada nama bengkel dan nomer HP anda, brosur kedua Nama,no HP dan alamat bengkel dibuat besar dan berwarna kalo memungkinkan dan brosur ketiga nama bengkel dan no HP anda diberi tanda garis bawah yang besar. Buatlah jadwal dalam membagi brosur agar semua wilayah tidak terlewati.

Perlu dipahami dan disadari bahwa target anda adalah nama bengkel anda melekat dihati sang pembaca brosur, saat mereka anda beri brosur lalu dibaca dan kemudian brosur anda dibuang atau untuk bungkus makanan itu gak jadi soal, kemudian pemberian yang kedua dan ketiga juga sama, brosur anda tidak disimpan anda jangan mudah tersinggung, boleh jadi saat ini mereka tidak membutuhkan teknisi karena TV dan komputernya tidak rusak. tetapi suatu hari nanti saat TV atau komputer mereka mengalami kerusakan maka yang teringat untuk kali pertama adalah nama bengkel anda. dan ini adalah peluang…

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s