TV Polytron rusak mati karena setelah jatuh dari meja

TV Polytron rusak mati saya baru tau dari pemiliknya setelah selesai memperbaiki TVnya, bahwa TVnya itu mati karena setelah jatuh dari meja. Habis jatuh dari meja, biasanya terjadi keretakan pada jalur yang deket flyback, kalau mesin tv jatuh dari atas ke bawah maka bagian mesin tv yang sampai duluan ke bawah adalah bagian flyback, karena fisik semua komponen tv yang paling berat bobotnya adalah flyback, namun dalam perbaikan TVnya, saya melakukan langkah demi langkah atau Prosedur Tetap Perbaikan TV (PTPTV) versi cara sahara,

  • Ukur tegangan B+ di kaki elko B+ ada tegangan 115 Volt
  • Ukur tegangan di flyback pin B+ ada tegangannya yaitu 115 Volt
  • Ukur tegangan di kaki kolektor transistor H-out tidak ada tegangan sama sekali
  • Saya ukur jalur dari flyback pin colektor menuju kaki kolector transistor ternyata putus 
  • Saya pastikan tegangan Basis transistor H-out harus ada tegangan ACVoltnya ternyata ada dan normal

Maka saya mengambil kesimpulan dari hasil analisa bahwa TV ini mati karena jalur retak, saya lakukan sambung jalur dengan satu kabel pendek bukan hanya disolder saja karena jika tidak diberi kabel maka ada kemungkina dalam waktu lama timah itu bisa retak sendiri dan akan kambuh lagi. dengan bantuan kabel kambuh lagi itu kemungkinan kecil.. bagi pemula cukup menjadi pembelajaran, semoga..

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

