TV merk Ichiko model lama, 21 inch, dengan kerusakan mati

Setelah saya buka casing TVnya kemudian saya hidupkan dan melakukan pengukuran pada tegangan B+, yang seharusnya 115Volt menjadi 70Volt. Berdasarkan prosedur tetap (Protap) ditempat  service kami, Hal-hal inilah yang saya lakukan hingga mengarah kepada tertuduh yaitu IC vertikal yang menjadi penyebabnya.

  1. Saya lepas solderan atau melakukan tindakan open solderan pada kaki trafo driver sekunder yang menuju kaki basis transistor H-Out, sebenarnya tidak harus melakukan tindakan ini jika anda pingin repot yaitu melepas transistor horisontal outnya atau open pada solderan flyback pin B+. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat flyback tidak bekerja, eee…siapa tahu yang menjadi penyebab dari turunnya tegangan yang awalnya 115Volt menjadi 70 Volt adalah komponen flyback atau transistornya yang rusak.
  2. Setelah dilakukan tindakan pada nomer 1, tegangan B+ tetap terukur 70Volt, tidak naik menjadi 115 volt, saya lalu menyimpulkan bahwa flyback dan transistor tidak rusak dan tidak perlu saya cek transistornya dan tidak juga mencoba mengganti flybacknya.
  3. Saya mencoba memastikan apakah bagian power supplynya yang menjadi penyebab dari turunnya tegangan B+ menjadi 70 volt, dengan bantuan kit power supply kecil atau regulator dengan merk Gacun. Saya mendapat jawaban bahwa penyebabnya bukan dari bagian power supply karena tegangan tetap berkurang dari 115Volt. (usul saya bagi teknisi Pemula silahkan anda beli kit gacun atau sejenis guna persiapan atau anda jadikan alat tersebut sebagai alat bantu kerja anda..he..he..)
  4. Kemudian saya lakukan pemeriksaan komponen yang sejalur dengan output power supply antara lain jalur tegangan 180Volt, jalur tegangan IC vertikal, jalur tegangan IC Suara, jalur VCC IC program, dengan menggunakan multi meter merk Heles type 360trnb (saya bukan promosi dan saya juga tidak berafiliasi dengan merk Heles, hanya saja saya lebih enjoy dengan merk dan type ini) saklar jangkah posisi X10, kabel merah ditempelkan pada ground dan kabel hitam ditempelkan pada setiap jalur tegangan tersebut di atas. Hasilnya jarum hanya bergerak sedikit dan tidak menyimpang jauh ke kanan. Hal ini menandakan bahwa bagian jalur tegangan semua output power supply aman
  5. Lalu saya lakukan pengecekan output IC vertikal dengan ground, pergerakan jarum multimeter bergerak menyimpang jauh ke kanan. dan dugaan rusak atau komponen terduganya adalah IC vertikal LA7840. Setelah diganti ic vertikal, tegangan B+ menjadi normal kembali yaitu 115Volt.

promo

Harga buku panduan service TV RP. 300 ribu, mendapatkan 3 buku dan 1 keping dvd sebagai bonus. Smskan alamat rumah anda ke Nomer hp 081379451508

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

