Memperbaiki TV Samsung yang bermesin WCOM rusak mati

Langkah-langkah yang saya lakukan ini hanya pembelajaran bagi pemula yang ingin belajar service tv ….

  1. pemeriksaan fuse atau sekreng dalam keadaan putus.
  2. Saya periksa mesin televisi tanpa menggunakan tegangan listrik/ac, ini berarti saya periksa komponen menggunakan multimeter posisi saklar di ohm meter, beda kalau saya periksa mesin televisi dalam keadaan tersambung listrik maka saklar diposisikan pada DCV
  3. Saklar multi meter posisi X10, ukur elko yang fisiknya besar ternyata jarum bergerak mendekati nol, kabel multi saya balik tetap jarum bergerak mendekati nol. ini berarti transistor power supply yang beralamat di V503 (NILAINYA 8812FX) rusak short
  4. Saya tetap curiga bahwa dia tidak mati sendirian, maka saya ukur komponen yang lain, biasanya sasaran saya tr driver yang beralamat di V512 saya ukur ternyata bagus,
  5. Kecurigaan saya tertuju pada dioda B+ biasanya kalau dia rusak short bisa akibatkan transistor powersupply mati, ternyata betul dioda yang beralamat diVD 551 rusak short,
  6. Setelah saya ganti komponen yang rusak tersebut, mesin tv saya hidupkan, tegangan B+ yang harusnya keluar 115V TERNYATA tidak ada sama sekali atau nol volt
  7. TV saya matikan, dalam keadaan mesin tv tidak terpasang kabel listrik saya UKUR dengan DCV tegangan di elko tegangan 300V ATAU tepatnya di kondensator yang beralamat di C507, TAGANGAN TETAP ADA
  8. Kecurigaan saya ada transistor yang sort, karena saya lihat resistor startnya menggunakan r batu, komponen jenis ini jarang sekali berubah nilai,
  9. Saya temukan transistor yang beralamat di V511, DENGAN nilainya A1015 rusak short
  10. Setelah diganti saya hidupkan tv dan saat mau hidup ada tembakan yang agak keras di resistor ground to ground karena resistor itu retak, resistor itu beralamat di R531, saya ganti resistor tersebut yang bernilai 12M ohm
  11. Saya hidupkan lagi gantian ada suara desis yang keras disertai loncatan api KELUAR dari kop flyback, diganti kop flyback sekalin bersihkan sisi tabung yang terkena aliran api tadi dengan menggunakan kain kering yang ditetesi cairan tiner dengan harapan kotorannya hilang
  12. TV hidup, gambar dan suara sudah ada, namun warna tidak bagus dominan warna biru
  13. Dilakukan pengaturan ulang white balancenya, atur sampai warnanya bener-bener hitam putih, caranya
  • Cari siaran yang paling bagus
  • Atur warnanya sampai nol sehingga warna jadi hitam putih
  • Perhatikan apakah GAMBARNYA hitam putih, merah putih, hijau putih atau biru putih
  • Bandingkan dengan tv yang normal lalu atur warnanya hingga minimum warnanya jadi hitam putih
  • masuk mode service/vactory
  • Cari tulisan R gain, G gain dan B gain, kurangi sampai warnanya jadi hitam putih, jika cenderung merah kurangi R gain,jika kebanyakan warna hijau kurangi nilai pada G gain dan seterusnya sampai sempurna
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

5 Balasan ke Memperbaiki TV Samsung yang bermesin WCOM rusak mati

  1. ahmad berkata:

    maff mau tanya soal biaya kursus mhon pnjelasan trmaksh

  2. ahmad berkata:

    mf sya btuh info dari anda tentang biaya dn persaratan kursus di tmpt anda , trmksh

Tinggalkan Balasan

