solder yang bagus

Bagi anda jika sebagai seorang pemula hendaknya perlu memperhatikan uraian di bawah siapa tau penting buat anda:

Membahas SOLDER YANG BAGUS, solder adalah alat yang dipergunakaan untuk mematri antara komponen satu dengan komponen yang lain, atau antara komponen dengan PCB. Ada berbagai merk solder yang ada dipasaran. Pilihan solder disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan anda. Ada kaitan antara kwalitas dan hasil solderan, biasanya ditandai dengan panas yang merata, stabil dan cepat sehingga timah mudah meleleh dan komponen lekas menyatu dengan obyek yang disolder. Jika anda menginginkan solder yang berkwalitas pilihlah solder yang diproduksi oleh perusahaan terkenal atau biasanya solder yang bagus harganyapun mahal. Jika anda menggunakan solder biasa dengan harga dibawah 10.000 saran saya gantilah mata soldernya dengan mata solder yang bagus. Harga mata solder dengan solder yang kwalitas biasanya lebih mahal mata soldernya. Boleh jadi harganya tiga kali lipat

PEMBAGIAN DARI JENIS SOLDER

  • Jenis solder jika dilihat dari segi dayanya, biasa dihubungkan dengan penggunan atau keperluannya . Untuk ukuran daya 40 Watt. Panasnya sudah cukup untuk digunakan mematri resistor, kondensator, dioda, IC dan komponen yang lain. Sedangkan untuk mematri Flyback, trafo copper, tuner dan komponen lainnya yang secara fisik atau bentuknya besar, dipergunakan solder dengan daya 60 Watt. Namun sekarang ada solder dengan daya 40 Watt tetapi ukuran mata solder sebesar solder dengan daya 60 Watt.
  • Jenis solder jika dilihat dari bentuk mata solder atau ujung solder, untuk mata solder yang lancip atau ujungnya yang kecil dipergunakan untuk mematri komponen yang memiliki kaki sangat kecil dan jumlahnya kakinya sangat banyak, seperti IC. Sedangkan mata solder yang ujungnya tumpul dapat dipergunakan untuk mematri komponen yang memiliki kaki komponen yang besar, misalnya; Tuner, flyback, soket tabung dll.
  • Jenis solder jika dilihat dari cara pemakaiannya, untuk solder yang cara pemakaianya disentuhkan atau ditempelkan dengan benda atau obyek yang akan disolder maka solder yang dipakai adalah solder biasa atau solder yang terpasang dengan mata solder. Sedangkan solder yang cara pemakaianya tidak disentuhkan dengan benda atau obyek yang akan disolder maka dipergunakaan solder jenis uap. Solder ini mengeluarkan atau menyemburkan uap yang sangat panas.

PERAWATAN DAN PEMAKAIAN SOLDER

  1. Jika solder yang sedang anda pergunakan nyetrum atau anda kesengat listrik walaupun kecil lebih baik anda ganti soldernya dengan yang baru. Menggunakan solder yang bocor (nyetrum) dapat mengakibatkan IC yang sedang disolder menjadi mudah rusak.
  2. Agar mata solder tetap bersih dan awet, maka mata solder rajin dibersihkan dengan menggunakan spon atau busa tahan panas yang sudah dibasahi dengan air atau dengan cara lama ujung solder dicoblos-cobloskan di kertas agak tebal /kardus agar kotoran mata solder terlepas/nempel dikardus. Saran saya mata solder jangan dikikir atau dibersihkan dengan kertas pasir (amplas) karena akan cepat rusak atau menjadi tumpul.
  3. Demi keselamatan kerja sediakan tempat dudukan solder. Agar penempatan solder tidak di sembarang tempat, karena bisa terinjak oleh kaki anda, kena celana anda atau bisa kena rambut anda. he…he..

 

CARA MENGGUNAKAN SOLDER

Kalau membahas tentang cara menyolder tidak terlepas dari yang namanya timah atau lebih di kenal dengan sebutan tenol. Sesungguhnya bagi yang terbiasa menyolder dengan menggunakan sedikit timah kaki komponen sudah dapat menempel pada PCB. Jika anda ingin belajar cara menyolder yang benar, perhatikan cara menyolder para teknisi yang senior dilingkungan anda, amati dia lalu tiru dan praktekan dirumah.

Di bawah ini ada trik/cara menyolder yang biasa saya lakukan sehingga menghasilkan patrian yang bagus menurut saya;

  • Tempelkan mata solder terlebih dahulu di obyek yang akan di solder waktunya sekitar dua atau tiga detik
  • Kemudian tempelkan timah secukupnya ke ujung mata solder sampai meleleh ke seluruh obyek yang hendak dipatri. Kemudian jauhkan timah dari mata solder. Biarkan timahnya meleleh sampai rata dan menjadi matang. Lalu angkat soldernya. Waktunya dua detik.
  • Cara ini hanya untuk pemula, jika anda sudah terbiasa dan sering menyolder komponen yang memiliki kaki banyak seperti IC, maka waktu menyolder tidak lima detik, mungkin dua detik hasil solderannya sudah bagus dan matang.

selamat mencoba …

buku panduan seervice tv murah

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s