CARA MENGGUNAKAN ALAT TEMBAK TABUNG

PANDUAN MENGGUNAKAN ALAT TEMBAK TABUNG

 cropped-promo.jpg

 BENTUK ALAT TEMBAK TABUNG

 ya1

  • NAMA DAN JUMLAH KAKI ATAU PIN PADA TABUNG,

Saat ini tabung TV yang beredar di pasaran mayoritas menggunakan leher kecil, ada juga yang menyebutnya dengan istilah botol kecil. Jumlah kaki atau jumlah pinnya pada tabung jenis ini adalah 7 (tujuh), sedangkan tabung TV dengan leher besar memiliki 9 (sembilan) pin. Nama dan bentuk soket dapat dilihat pada gambar di bawah ini

  • JENIS KERUSAKAN TABUNG TV

Kerusakan tabung yang tidak dapat diperbaiki lagi

Untuk jenis kerusakan tabung ini, ada banyak macamnya, adapun nama-nama kerusakan antara lain

Tabung bocor/ngefonk

Kerusakan tabung ngefonk, dapat diketahui dengan melihat di leher tabung ada sinar berwarna ungu. Kerusakan tabung seperti ini tidak dapat diperbaiki.

Tabung pecah/retak

Tabung pecah kemungkinan disebabkan oleh karena TV jatuh dari meja atau terkena pukulan benda yang keras. Biasanya muncul bulatan yang besar yang nampak di layar. Sedangkan yang tabung retak biasanya di sekitar leher tabung. Tabung yang kondisinya seperti ini wajib diganti.

Tabung luka atau cacat

Kondisi tabung dalam keadaan normal, ada gambar dan warna yang bagus. Tetapi dapat dikategorikan tabung yang cacat atau luka jika muncul tanda-tanda sebagai berikut:

Saat televisi hidup, ada satu titik berwarna hitam,

ini bukan noda yang nempel di tabung.  TV posisi mati atau hidup titik tersebut masih kelihatan. Tabung yang seperti ini kemungkinan pernah terantuk benda tumpul.

Saat televisi hidup, di bagian tengah terlihat ada satu garis horisontal,

TV dalam keadaan hidup atau mati masih tetap kelihatan garisnya. Tabung bisa luka seperti ini karena pada saat rusak satu garis horisontal tidak segera dimatikan bahkan dibiarkan hidup dalam waktu yang lama.

Tabung tergores

Biasanya luka seperti ini karena pada saat tabung dibalik, tidak diberi alas yang bersih. Misalnya kain atau kardus, sehingga ketika casing di geser, tabung menjadi luka.

Cacat bloming,

Pada saat TV dimatikan baik mati power atau mati STBY, di tabung ada sinar berwarna putih, merah, hijau atau biru, kemudian hilang sendiri.

  • Kerusakan tabung yang mungkin dapat diperbaiki dengan alat tembak tabung

Kerusakan tabung yang masuk dalam kategori ini antara lain

Tabung gelap

Gejala yang muncul heater sudah menyala, pengaturan contrast dan brightness sudah posisi maksimum, gambar tidak kelihatan. Jika kelihatan gambarnya sangat redup. Kerusakan gelap ada yang dapat diperbaiki selama tabungnya belum rusak parah.

Tabung surem

Kerusakan surem, gambar masih kelihatan tetapi tidak tajam atau cerah, pengaturan contrast masih berfungsi dengan baik dan ketika diatur maksimum atau minimum ada perubahan cerah pada gambar. Jenis kerusakan seperti ini dapat diperbaiki

Gambar dan warna bagus setelah satu jam menjadi blangking,

Pada saat televisi dihidupkan semua nampak normal, namun setelah sekian waktu gejala kerusakan mulai kelihatan.

Tabung blanking merah, blanking hijau atau blangking biru

Ketika TV dihidupkan gambar hanya didominasi salah satu warna disertai muncul garis – garis, hal ini terjadi karena salah satu katoda dari tabung short/terhubung dengan ground atai G1. Ada juga TV menjadi blanking pada saat TV dihidupkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kerusakan tabung seperti ini dapat diperbaiki atau dibuatkan tegangan heater yang terpisah dari jalur heater flyback.

promo

Salah satu warna kurang atau tidak ada

Warna dasar pada TV adalah merah, hijau dan biru. Jika tabung tidak mengeluarkan salah satu warna tersebut maka dapat dikategorikan tabung sudah lemah. Kerusakan tabung yang salah satu warna dasar hilang dapat diperbaiki jika belum begitu parah

Tabung belang/sadow mask geser

Gejala yang muncul biasanya ada warna belang atau warna pelangi di sisi kanan, kiri bahkan ada yang menyeluruh. TV yang mengalami kerusakan seperti ini kemungkinan pernah kena benturan yang hebat. Kerusakan ini tidak dapat diperbaiki.

  •  CARA MEMERIKSA KONDISI TABUNG TV

Kondisi tabung dapat diketahui dengan menggunakan multitester pada posisi saklar jangkah Ω. Jika akan melakukan pengukuran tabung dengan multitester, televisi harus dalam keadaan mati. Sedangkan mesin RGB posisinya dilepas dari tabung.

Tabung rusak gelap karena heater tidak menyala.

Saklar jangkah pada posisi X10.

Tabung yang akan diukur harus diketahui terlebih dahulu letak heaternya. Setiap tabung yang berbeda ukuran, memiliki konstruksi yang berbeda pula.

Tempelkan kabel merah multitester di kaki heater yang satu sedangkan kabel multitester yang hitam ditempelkan pada kaki heater yang lainnya. Berhubung heater tabung tidak memiliki polaritas pengukuran heater boleh di bolak-balik.

Jika jarum bergerak heater tidak putus

 Tabung rusak gelap karena tegangan G2/screen menjadi kecil mendekati nol volt

Saklar jangkah pada posisi X10K.

Tempelkan kabel multitester yang satu di kaki G2 sedangkan kabel multitester yang lainnya ditempelkan pada ground.

Jika jarum bergerak berarti tabung. Terjadi short antara G2 dengan ground

Tabung rusak blangking biru ,hijau atau merah

Saklar jangkah pada posisi X10K.

Tempelkan kabel multitester yang satu di kaki katoda biru, hijau atau merah. Sedangkan kabel multitester yang lainnya ditempelkan pada ground. Penentuan katoda yang hendak diukur dengan ground disesuaikan dengan jenis kerusakan. Jika tabung mengalami kerusakan blanking merah anda mengukur antara ground dengan katoda merah. Apabila blanking hijau anda mengukur antara katoda hijau dengan ground dan bilamana tabung rusak blangkig biru anda mengukur antara katoda biru dengan ground.

Jika jarum multitester bergerak tabung mengalami short antara ground dengan katoda merah, hijau atau biru.

Tabung rusak gambar surem atau redup

Sebelum dilakukan pengukuran, heater harus diberi tegangan, untuk memenuhi hal tersebut pergunakan alat tembak tabung, langkah-langkahnya sebagai berikut

Sebagai contoh, mengukur nilai katoda blue pada tabung 29 Slim merk Samsung

Saklar jangkah multimeter pada posisi X1k.

Tempelkan kabel hitam multitester di kaki G1 sedangkan kabel multitester yang merah ditempelkan pada kaki KB.

Untuk ukuran tabung normal jarum akan bergerak menunjukan nilai tertentu yaitu sekitar 1K. Seandainya nilai dari Katoda Blue besar atau tak terhingga, maka silahkan anda perbaiki tabung tersebut dengan cara di tembak menggunakan alat tembak tabung.

CARA MENGGUNAKAN ALAT TEMBAK TABUNG

Ketetuan Umum

  1. Alat tembak tabung dipersiapkan
  2. Pilihkan soket tabung yang sesuai dengan tabung yang hendak ditembak, jika pin tabung 7 maka pergunakan soket tabung yang 7 pin , perhatikan juga jumlah fokusnya apabila menggunakan soket tabung 9 pin apakah double focus atau single fokus
  3. Televisi dalam keadaan mati atau AC line tidak terpasang
  4. Posisi tabung tv berdiri, alangkah baiknya jika posisi tabung tv telengkup, agar kotoran dari reaksi menembak tabung jatuh ke bawah atau dinding tabung
  5. Mesin RGB/Metrik yang menempel di tabung dilepas

 Ketentuan Khusus /pelaksanaan (eksekusi) menembak tabung

  1. Pasang soket tabung yang sudah disesuaikan dengan jumlah pin pada tabungnya
  2. Pasang 2 (dua) jepit buaya yang berwarna hitam dengan kabel berwarna hitam pula ke soket tabung pin heater, pemasangan kabel hitam ini tidak ada ketentuan atau pemasangannya boleh dibolak-balik
  3. Pasang 1 (satu) jepit buaya yang berwarna merah dengan kabel berwarna kuning ke soket tabung pin G1
  4. Pasang 1 (satu) jepit buaya yang berwarna hitam dengan kabel berwarna hijau ke soket tabung, untuk penempatannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini

cropped-promo.jpg

No Kerusakan Tabung Nama Pin Tabung
1 Gelap Pin G2, karena short dengan G1
2 Warna merah kurang/sedikit Pin KR
3 Warna hijau kurang/sedikit Pin KG
4 Warna biru kurang/sedikit Pin KB
5 Surem/kurang kontras Pin KR, KG dan KB
6 Blanking merah Pin KR
7 Blanking hijau Pin KG
8 Blanking biru Pin KB
Catatan:

  1. Untuk kerusakan tabung nomer 2 – 5, dapat dilakukan dengan cara menaikkan tegangan heater, jika tidak dilakukan penembakan tabung
  2. Untuk kerusakan tabung nomer 6 – 8, dapat dilakukan dengan merubah sumber tegangan heater, dari flyback diganti dengan membuat tegangan sendiri hanya untuk heater, jika tidak dilakukan penembakan tabung

 

  1. Hidupkan alat tembak tabung dengan menekan tombol power on/off, perhatikan pada leher tabung apakah heaternya menyala?
  2. Pijit sekali saja tombol tembak tabung yang berwarna hijau, akan ada percikan di dalam leher tabung, besar kecilnya percikan ini tergantung dari kondisi tabungnya,
  3. Penembakan kepada tabung sudah selesai dilakukan
  4. Ujilah hasilnya dari menembak tabung apakah tabungnya sudah sembuh atau masih seperti sediakala, dengan cara melepas alat tembak tabung dan memasang kembali mesin RGB yang dilepas, lalu TV dihidupkan. Apabila belum berhasil ulangi sekali lagi, hingga 3 (tiga) kali penembakan, manakala tetap gagal, dapat dikatakan bahwa tabung TVnya sudah dalam keadaan parah.

 Cara menaikkan tegangan filament

  • Siapkan kabel kecil tapi kuat dan bagus secukupnya (kurang dari satu meter)
  • Gulung atau lilitkan kabel kecil tersebut di batang ferit flyback sejumlah satu atau dua lilit
  • Lepaskan pcb yang menempel di tabung, hidupkan televisi kemudian ukur tegangan di kabel yang telah dililit di ferit flyback. Menggunakan multi meter AC volt. apakah sudah mencapai tegangan 6 Volt jika belum lilit sekali lagi sampai terpenuhi tegangan yang dibutuhkan tabung
  • Lepas resistor heater dan ganti dengan dua kabel yang digulung di flyback
  • Jika filament menjadi redup, berarti pemasangan kabel terbalik.

 Cara mengganti tegangan heater

  • Siapkan kabel kecil tapi kuat dan bagus secukupnya (kurang dari satu meter), lilitkan kabel kecil tersebut di batang ferit flyback sejumlah dua atau empat lilit.
  • lepaskan pcb yang menempel di tabung, hidupkan televisi kemudian ukur tegangan di kabel yang telah dililit di batang ferit flyback. Menggunakan multi meter AC volt. Apakah sudah mencapai tegangan 6 Volt jika belum gulung sekali lagi sampai terpenuhi tegangan yang dibutuhkan tabung.
  • Potong 2 jalur heater di PCB matrik. H1 dan H2 atau H dan ground. Pemotongan jalur dimaksudkan untuk mengganti tegangan heater yang biasanya dari flyback.
  • Solderkan kedua kabel yang dililitkan di batang ferit flyback langsung ke H1 dan H2 soket tabung.
  • selesai

PERATURAN YANG HARUS DITAATI SETELAH MENEMBAK TABUNG

Tegangan yang hasilkan oleh alat tembak tabung sekitar 250v DC, jika alat tembak tabung dihidup walau sesaat, kabel berwarna hijau sudah ada tegangannya yang tersimpan di elko, untuk menghilangkannya disarankan jangan menempelkan antara kabel hijau dengan kabel kuning karena akan terjadi percikan, hendaknya alihkan muatan yang ada dielko ke solder seperti yang ada di gambar bawah ini

cropped-promo.jpg

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s